KRL Jakarta-Bogor

Kereta listrik masih menjadi salah satu alat transportasi yang sangat diminati karena tarifnya yang murah dan perjalanannya yang cepat. Saya sendiri sudah sering naik KRL Jakarta-Bogor terutama masa kuliah dulu. Saya bahkan memiliki kebiasaan unik sampai sekarang, ketika saya sedang jenuh atau suntuk biasanya saya berjalan-jalan naik kereta. Memang ada apa sih di kereta? Tidak ada apa-apa, hanya saja ada beberapa hal yang dapat dipelajari dari perjalanan dengan kereta.

1. Waspada
Wah, kalau naik kereta kita akan belajar bagaimana caranya berwaspada. Bagaimana tidak, meleng sedikit dompet bisa hilang! Saya sudah pernah kehilangan dompet dan hp waktu naik kereta :-(

2. Realita
Ada begitu banyak pemandangan memprihatinkan saat di kereta. Saya pernah melihat orang yang tidak memiliki kaki melangkah dengan menyeretkan tubuhnya ditopang dengan tangannya. Ada lagi seoarang pengemis buta yang dituntun oleh anaknya yang masih kecil. Ada yang mengemis ada pula yang yang mencari uang dengan membersihkan sampah dengan meletakkan dirinya di bawah kaki para penumpang. Semua pemandangan itu seharusnya akan meningkatkan kepekaan sosial kita terhadap sesama.

3. Bersyukur
Melihat realita kehidupan yang sebenarnya di kereta akan membuat kita selalu bersyukur karena diberi kehidupan yang lebih baik.

4. Semangat
Orang-orang dengan penampilan memprihatinkan di kereta memiliki semangat luar biasa dalam menghadapi kehidupan. Hati saya sangat pilu ketika melihat anak usia sekolah yang membersihkan sampah yang ada di kaki penumpang. Bila ada sampah berupa kertas koran atau sobekan buku, dia menyempatkan dirinya sejenak membaca potongan kertas itu dan terlihat bibirnya mengeja bacaan itu.

5. Respek
Ketika naik kendaraan umum, kita akan belajar respek terhadap orang yang lebih tua atau pihak yang lebih lemah untuk memberikan tempat duduk. Setidaknya itu adalah hal kecil yang seringkali tidak dipraktekkan.

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates