Masih Butuh Doraemon?

Hampir semua orang pasti suka Doraemon. Bagaimana tidak? semua kebutuhan kita dapat dipenuhi dengan kantung ajaibnya. Mau terbang bisa pakai baling-baling bambu, mau ke masa lalu bisa pakai mesin waktu, pokoknya hampir semua bisa dilakukan dengan bantuan kantung ajaib. Tapi sayang yang paling beruntung jadi temannya Doraemon itu cuma Nobita. Dengan alat-alat Doraemon, Nobita hampir bisa melakukan apa saja yang dia mau. Tapi lucunya hampir semua yang dilakukan Nobita justru berakhir dengan sial karena kecerobohannya sendiri.

Mungkin Nobita adalah orang atau sebutlah tokoh komik paling beruntung. Tapi coba deh lihat Nobita lebih dekat :D Ternyata Nobita menjadi sangat manja dan bodoh. Dia merasa tidak perlu belajar dan lebih suka tidur dan bermain. Alat Doraemon memang sangat membantu, tapi di sisi yang lain membuat Nobita malas dan lemah kemauan.

Saya jadi ingat pelajaran sejarah waktu kelas 1 SMA dulu. Ada seorang ahli sejarah bernama Arnold J. Toynbee. Dia berteori bahwa suatu negara bisa maju karena tantangan alam yang harus dihadapinya. Dia melihat bahwa negara-negara yang maju justru tidak memiliki kekayaan alam yang melimpah. Kalau dipikir-pikir benar juga ya. Coba lihat bangsa kita, masa kalah dengan Singapura atau Malaysia yang berpenduduk kecil dan miskin sumber daya alam.

Ternyata tantangan membuat kita maju. Ini akan memacu kita bila memiliki banyak keterbatasan dan membuat kita tidak lupa diri bila sudah merasa nyaman. Masih butuh Doraemon? Kalau suka jelas iya hehehe...

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates