Ilustrasi Kerja Tim dari Permainan Sepakbola

Beberapa hari yang lalu dua rekan kerja saya saling bertengkar dan adu mulut. Penyebabnya karena salah satu dari mereka ada yang iri dengan rekan kerja yang lain karena merasa pekerjaan temannya lebih santai dan merasa bahwa dia adalah yang paling banyak bekerja. Mereka berasal dari dua seksi yang berbeda. Saya segera melerai mereka dan memberikan ilustrasi sepakbola. Loh kok sepakbola? apa hubungannya?

Begini kawan, sudah tahu khan kalau pada dasarnya sepakbola terdiri atas 3 zona, yaitu zona pertahanan plus kiper, zona tengah atau gelandang, dan zona penyerangan. Masing-masing pemain wajib memberikan kontribusi di dalam zona mereka masing-masing. Adakalanya dalam sepakbola modern pemain melakukan transformasi posisi, misalnya seorang bek membantu penyerangan dan seorang striker membantu pertahanan. Namun demikian pemain wajib mengutamakan posisi mereka terutama kiper yang tidak bisa leluasa bergerak kesana kemari.

Nah dalam kasus pertengkaran di atas saya bertanya kepada orang yang iri tersebut bagaimana bila seorang kiper maju sampai ke depan membantu penyerangan. Tentu saja akan mendapat serangan balik dari lawan dan dengan mudah kebobolan gol. Itulah yang dinamakan kerja tim. Setiap orang mempunyai tanggung jawabnya masing-masing. Seorang gelandang yang harus berlari melintasi semua lapangan tidak bisa berkata kepada kiper "Hei Kau, jangan diam saja disitu, bantu aku!" Seorang kiper sebenarnya membantu perjuangan timnya dengan berusaha menjaga gawangnya dari serangan lawan. Begitu juga di dalam organisasi , ada yang bertugas membuat barang, memeriksa kualitas, membuat laporan, menjual, dan lain sebagainya. Jangan ribut lagi ya!!

2 comments:

SHUO mengatakan...

Shame that I can't read your blog.But good thing that I know you keep writing it.^^Have a good day.

Elcharis mengatakan...

Thank you for your comment. I write it in Indonesian. Perhaps I can make other blog in English later. Thank you

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates