Inspirasi Hidup dari Permainan Catur

Saat itu ketika Garry Kasparov belum pensiun dari dunia catur, ada salah satu partai terbaiknya ketika melawan Topalov. Saya melihat pertandingan tersebut di Tabloid Bolanews sambil menggelar papan catur. Sungguh mengejutkan, Kasparov menukarkan Bentengnya hanya untuk sebuah pion! Namun tidak lebih dari sepuluh langkah kemudian Topalov merubuhkan raja caturnya pertanda menyerah. Yah itulah seni catur, seperti yang pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya, seorang ahli catur akan melakukan pengorbanan dengan tujuan mendapatkan tempo permainan atau hanya sekedar membuka ruang gerak. Saya bahkan pernah melihat partai yang lebih ekstrim lagi dimana seorang pecatur tidak tanggung-tanggung memberikan secara percuma menteri, kuda, dan bentengnya sekaligus dan hanya dalam hitungan beberapa langkah saja sudah membuat raja lawan tidak bisa bergerak kemana-mana alias skakmat!

Ada banyak inspirasi yang bisa diperoleh dari cerita permainan di atas, bahkan mengandung banyak arti dan bisa disesuaikan dengan cerita kawan masing-masing. Buat saya sendiri cerita ini menguatkan saya ketika segalanya berjalan tidak seperti yang saya harapkan, saat saya merasa kehilangan sesuatu yang sangat berarti dalam hidup saya, dan saat saya merasa tidak berpengharapan lagi. Saya bisa yakin bahwa kehidupan saya ada di tangan Tuhan dan rancangan-Nya adalah yang terbaik dalam hidup saya. Mungkin saat ini saya tidak mengerti apa yang terjadi, tetapi saya tidak meragukan sedikitpun kemampuan Tuhan mengatur kehidupan saya jauh lebih hebat dibanding kemampuan ahli catur mengatur bidak-bidak caturnya.

Saya pernah menuliskan sebuah shoutout di Friendster saya seperti ini: "Life is far more complicated than chess. Luckily there is rainbow after the rain; Miracles behind my difficulties; and God's love wipe my tears"
Gbu..

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates