Apakah Kamu Lebih Pintar dari Anak Kelas 5 SD?!

Hari Sabtu kemarin sekitar jam tujuh malam saya melihat acara variety show di Global TV yang berjudul "Are You Smarter Than 5th Grader". Acara ini sangat unik karena menampilkan sosok orang yang sangat pintar dan sukses namun harus menjawab soal-soal ujian sekolah dasar.

Yang menarik dari kuis ini adalah beban mental yang harus dialami peserta kuis karena bisa saja dia ditertawakan bila tidak bisa menjawab soal anak kelas satu sampai lima tingkat sekolah dasar. Tokoh yang tampil kemarin adalah seorang Manajer sebuah perusahaan minyak milik asing. Dalam kuis ini dia berhasil mengumpulkan hadiah senilai 50 juta dari total 100 juta. Tantowi Yahya yang menjadi pemandu acara berkata bahwa pencapaian ini adalah sebuah rekor. Jadi bayangkan bagaimana orang-orang sebelumnya yang tidak berkutik ketika dihadapkan pada pertanyaan yang mudah dan di bawah level mereka.

Pelajaran yang berharga dari acara ini adalah bahwa kita harus berbesar hati mengakui ketidakmampuan kita. Seberapa besar dan hebat seseorang, namun tetap saja ia memiliki keterbatasan. Tidak percaya? Coba saja tanyakan seorang profesor matematika soal-soal IPS tingkat SD! Semakin tinggi pendidikan seseorang tidak selalu menunjukkan luasnya ilmu pengetahuan mereka, tetapi justru semakin menunjukkan spesialisasi ilmu yang mereka dalami.

Ketika seseorang mengakui keterbatasannya, justru saat itulah ia menunjukkan kebesarannya. Orang yang sok tahu hanya menunjukkan kekerdilan pikirannya. Lagipula orang-orang yang berhasil mencapai kesuksesan bukan hanya karena banyaknya ilmu yang ia miliki, tetapi seberapa besar kemauannya untuk terus belajar dan belajar.

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates