Semangat Ala Pak Yanto

Hampir setiap hari kerja saya bertemu dengan dua orang berbeda yang bernama sama yaitu Pak Yanto. Pak Yanto yang satu adalah penjual koran. Hampir tiap hari saya membeli koran tempo dari Pak Yanto. Sedangkan Pak Yanto yang kedua adalah tukang ojek yang mangkal di UKI. Meski saya tidak pernah naik ojek-nya, hampir tiap sore Pak Yanto menyapa saya dengan menyebut "Honda, Honda!" Pak Yanto suka sekali dengan seragam putih-putih saya. Jadilah Pak Yanto menemani saya ngobrol sembari saya menunggu bus.

Meski berbeda, kedua Pak Yanto ini mempunyai ciri yang sama yaitu semangat mereka. Pak Yanto 'penjual koran' walaupun sudah cukup tua terlihat bersemangat sekali menjajakan koran. Bila posisi saya agak jauh dengannya, Pak Yanto pasti langsung mendekat dan menawarkan korannya pada saya. Walaupun pembawaannya tenang, tetapi semangatnya terlihat jelas dari cara jalannya yang selalu sigap. Beda lagi dengan Pak Yanto 'tukang ojek'. Gaya bicaranya penuh semangat dengan suaranya yang sangat khas. Dan Pak Yanto yang satu ini tidak bosan-bosannya memanggil saya dengan "Honda, Honda!"

Entah kebetulan atau tidak, mereka berdua bernama sama. Yang jelas saya salut dengan antusiasme mereka menjalani hidup. Saya sebagai anak muda tentunya banyak belajar dari mereka yang sudah tua namun memiliki semangat yang luar biasa..

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates