Kiat Agar Kerja Tidak Menjadi Beban

Setiap orang yang sudah pernah bekerja pasti sering mendengar kalimat "I don't like Monday!" Hari Senin adalah waktu dimana liburan berakhir, waktunya bangun pagi, waktu dimana tugas-tugas menumpuk sudah menunggu. Dan kadang beban itu berlanjut di hari-hari berikutnya. Jujur sebenarnya saya juga tidak suka Senin hehehe...

Bagi yang punya usaha sendiri mungkin kalimat itu tidak begitu berpengaruh. Namun bagi seorang karyawan, kalimat itu seakan menjadi slogan favoritnya. 1001 alasan bisa menjadi penyebab seseorang tidak begitu menikmati pekerjaannya entah itu lingkungan kerja yang tidak nyaman, atasan yang tidak disukai, gaji yang pas-pas-an , rekan kerja yang menyebalkan, profesi yang tidak sesuai dengan keahlian, dan lain sebagainya.

Cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah keluar dan mencari perusahaan baru yang sesuai harapannya. Namun bagaimana buat yang tidak punya banyak pilihan? Bisa saja ia terikat kontrak kerja, tulang punggung keluarga, tinggal jauh dari orang tua dan tidak dikirimi uang lagi oleh orang tua, usia yang sudah tidak memenuhi syarat, atau hal lainnya yang membuat ia tidak bisa bisa pindah kerja begitu saja. Bagaimana pula bila ia sudah sering keluar masuk perusahaan namun belum pernah menemukan kecocokan, atau sudah memiliki usaha sendiri namun harus menerima kenyataan bahwa beban kerjanya justru bertambah?

Mungkin cara yang paling mudah untuk mengatasi semua itu adalah dengan menganggap bahwa pekerjaan yang dilakukan sekarang ini seperti kuliah yang kedua kalinya atau lebih. Mengapa seperti kuliah? Ya, karena sebenarnya banyak pelajaran baru yang didapatkan dari tempat pekerjaan. Bila sewaktu kuliah mahasiswa mendapat gelar dan ijazah, maka di dalam pekerjaan seorang karyawan bisa mendapat status karyawan tetap, pengalaman, karir, dan bahkan jabatan. Tapi bagaimana pula buat yang tidak suka kuliah atau saat-saat kuliah menjadi hari-hari yang membuat stress dan berbeban berat? Nah kalau sekarang khan beda, kalau dulu kuliah harus bayar sekarang justru dibayar. Benar tidak?

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates