Kekuatan yang Sejati di Dalam Kelemahan

Ada satu film yang sangat menyentuh hati saya dan berpengaruh dalam hidup saya sampai sekarang. Film itu menceritakan tentang kisah perjuangan Mahatma Gandhi. Saya melihat film itu ketika masih SMP sehingga saya lupa judul filmnya, namun setelah mencari di google dan Youtube ternyata ada satu judul film terkenal tentang Mahatma Gandhi yakni "Life of Gandhi".

Hal yang paling berkesan ketika pertama kali menontonnya adalah sikapnya yang begitu sabar dan tidak melawan sama sekali ketika ada orang yang mengusirnya dari tempat duduk di kereta yang ditumpanginya. Berikutnya berbagai tindakan semena-mena selalu ia terima namun yang begitu mengejutkan Gandhi selalu menerima dan tidak pernah melawan. Buat saya Gandhi adalah sosok yang sangat unik dari seorang pejuang yang tidak melakukan perlawanan.

Melawan kekerasan dengan kebaikan dan kelemahlembutan tampaknya sangat tidak masuk akal. Tetapi pengalaman saya menyetujui kebenaran ini. Saya melihat bahwa perlawanan hanya akan memperparah pertengkaran, dan sebaliknya betapa hati yang paling keras dan paling jahat sekalipun dapat luluh dengan sikap sabar dan baik.

Banyak sekali kisah kelemahlembutan yang mengalahkan kejahatan yang pernah saya baca dan dengar. Contoh yang mengagumkan adalah bagaimana Bunda Teresa berjuang melawan kemiskinan dengan pengorbanan dirinya. Kemudian kisah seorang misionaris yang dirampok oleh klompotan penjahat, namun setelah misionaris itu menyelimuti dan mengobati penjahat itu, penjahat itupun langsung berubah dan bertobat karena merasa terharu dengan kebaikan misionaris tersebut. Dan tidak lupa contoh yang diberikan oleh Yesus Kristus yang rela menanggung dosa manusia di kayu salib yang juga tanpa perlawanan seperti yang sedang saya lihat filmnya sekarang sambil menulis blog ini (sebenarnya saya tidak suka film "Passion of Christ" karena ada banyak adegan kekerasan yang sebenarnya bertujuan agar film itu tampak lebih nyata). Mahatma Gandhi sendiri mengakui bahwa inspirasi sikapnya itu berasal dari ajaran Yesus Kristus (Mahatma Gandhi adalah seorang Hindu yang sangat menyukai ajaran Kristen dan Islam).

Dan Kawan, pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan Selamat Paskah, semoga Kasih Tuhan memberikan teladan sejati kepada kita untuk selalu mengasihi orang di sekeliling kita entah baik ataupun jahat. Dan betapa bersyukurnya kita karena kita telah diampuni oleh-Nya terlebih dahulu... Gbu

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates