Tips Memilih Caleg dan Parpol pada Pemilu 2009

Kawan, seperti yang sudah sering kita dengar dan lihat di media massa bahwa pemilu tahun ini sangat rawan dengan Golput. Hal ini disebabkan karena kurangnya kepercayaan masyarakat akan tokoh dan partai politik dalam menampung aspirasi masyarakat.

Namun, pengalaman mengatakan bahwa kita tidak akan pernah bisa bila tidak mencoba, maka kita tidak akan pernah pula menemukan sosok yang tepat bila kita diam saja dan tidak menentukan pilihan. Toh pada akhirnya nanti kita akan mengevaluasi kinerja pilihan kita dan setidaknya sudah turut berpartisipasi melakukan perubahan.

Berikut ini adalah beberapa tips dari saya dalam menentukan pilihan besok:

1. Pelajari dulu Caleg atau Parpol yang akan kita pilih. Berita-berita di media massa akhir-akhir ini sangat penuh dengan informasi tentang Pemilu, tentunya akan menjadi masukan yang bagus untuk kita.

2. Bila tidak sempat atau bahkan tidak tertarik mempelajari Caleg atau Parpol, maka setidaknya kita bisa mengevaluasi pilihan kita lima tahun yang lampau. Atau bila kamu baru pertama kali memilih, kamu bisa lihat kinerja pemerintahan yang sekarang, apakah sudah puas atau belum. Bila belum apakah ada Parpol yang menawarkan program lebih baik dari pemerintahan sekarang ini.

3. Datanglah ke TPS dengan pikiran yang jernih dan niat yang baik. Jangan pernah tergoda bila ada yang mengajak untuk melakukan kecurangan. Selalu ingat bahwa kita tidak mungkin menemukan pilihan yang benar-benar sempurna, jadi pilihlah dengan hati kamu, karena hati biasanya dapat menimbang mana yang baik dan mana yang kurang baik.

4. Pelajari cara memilih yang benar. Tahun ini pilihan dilakukan dengan cara mencontreng dan bukan mencoblos. Kamu bisa mencontreng Caleg yang kamu anggap baik, atau bila ragu, sebaiknya contreng saja Parpol yangg kamu anggap paling cocok dengan aspirasi kamu.

5. Setelah melakukan pemilihan, yakinlah bahwa kamu sudah memilih yang terbaik. Berdoalah bahwa pilihan kita akan membawa bangsa kita menjadi lebih baik.

Selamat melaksanakan Pemilu!

0 comments:

 

Design in CSS by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine
Blogger Template created by Deluxe Templates